Selasa, 04 September 2012

Manfaat Konsep Cyberpreneurship Bagi Pengusaha UKM


Dengan pemasaran lewat internet atau online pengusaha UKM dapat meningkatkan usahanya hingga level internasional. Sampai dengan saat ini jumlah pengusaha yang telah memakai pemasaran online kurang dari 10 persen dari total populasi pengusaha UKM sekitar 57 juta.
Ada beberapa manfaat yang dapat dinikmati oleh para pengusaha UKM apabila berbisnis secara online, diantaranya sebagai berikut :
1. Memperluas pemasaran
Hambatan terbesar dari UKM adalah pasar yang terbatas. Dengan pasar yang terbatas semacam ini, tentu sulit diharapkan UKM dapat mengembangkan pemasaran. Untuk memperluas pasarnya, dibutuhkan dana yang tidak sedikit dan ini menjadi penyulit bagi para pemilik UKM yang memiliki modal yang tidak terlalu besar. Padahal seperti yang kita tahu, produk-produk yang dihasilkan oleh UKM di Indonesia banyak dilirik dan diminati oleh pasar dunia.
Dengan hadirnya internet yang sekarang ini sudah semakin murah biayanya, tentunya dapat menumbuhkan kembali kesempatan meraih peluang pasar bagi UKM. Kali ini pasar yang dapat direngkuh bukan cuma pasar dalam negeri, tapi juga pasar dunia. Dan tidak terbatas lagi pada daerah, wilayah atau kawasan tertentu. Karena dengan kehadiran internet dapat memperpendek jarak geografis dan melintasi batasan waktu.
2. Melayani pembeli 24 jam
Dengan cara konvensional, pemilik UKM hanya bisa melayani pembeli selama hari kerja dan jam kerja. Sedangkan dengan menggunakan internet, pembeli bebas melihat-lihat produk dan membeli produk yang disukainya kapan pun dia mau 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu.
3. Melayani banyak pembeli sekaligus
Pemilik UKM tidak perlu lagi merasa kewalahan melayani banyak pembeli dalam waktu yang bersamaan dan pembeli pun tidak perlu antri menunggu untuk dilayani, karena dengan internet, pembeli bisa langsung memilih produk dan menyelesaikan proses pembayaran tanpa perlu menunggu Anda melayani pembeli lain yang terlebih dahulu datang.
4. Mempermudah komunikasi dengan pelanggan
Pemilik UKM bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara cepat meskipun terpisah jarak dan waktu. Pemilik UKM bisa kapan saja mengirimkan email berisi promosi/diskon yang sedang diadakan kepada banyak pelanggan sekaligus dalam waktu bersamaan. Pemilik UKM juga bisa berdiskusi secara langsung/real time dengan pelanggan yang menginginkan penjelasan tentang suatu produk.
Dengan melihat besarnya potensi website dalam upaya meningkatkan produksi pemasaran, pelaku UKM saatnya tidak sekedar membangun situs web tradisional sebagai alat bantu pemasaran. Tujuan / goal sebuah situs web UKM dikembangkan untuk menarik pengunjung, untuk meningkatkan awareness dari jasa & produk, kesuksesan sebuah situs web ditentukan dari tinggi-nya traffic.
Dengan konsep cyberpreneurship, website UKM tidak lagi merupakan alat pemasaran, melainkan diimplementasikan lebih lanjut untuk mempererat antara penjual dan pembeli. Hal ini akan terjadi pada saat si pembeli bukan hanya sekedar aware akan produk yang dijajakan tapi juga ingin membeli produk tersebut saat itu juga (on the spot). Berarti tujuan sebuah e-toko, e-mall adalah untuk menarik para pembeli, dan kesuksesan diukur dari nilai transaksi jual beli yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Berita (32) Gadget (58) Hardware (15) Info (51) Science (4) Tips and Trick (25)