Sabtu, 01 September 2012

ThinkPad X1 Carbon: Ramping, Kokoh & Elegan




ThinkPad X1 Carbon (eno/inet)
Jakarta - Nama ultrabook memang sudah kadung melekat dengan sebuah komputer jinjing yang ramping, ringan dan canggih. Sedangkan ThinkPad, hmm... sepertinya langsung terbesit laptop yang hitam pekat dan berperawakan bongsor. Wajar memang, sebab produk ini didedikasikan untuk para pebisnis dengan beberapa fitur yang tidak ada di laptop pada umumnya.

Namun dengan kehadiran ThinkPad X1 Carbon kesan bongsor dan kaku di bodi seri ThinkPad mungkin perlahan hilang. Sebab laptop ini memang lain dari biasanya, ramping, kokoh, elegan, namun tetap powerfulseperti keluarga ThinkPad lainnya.

Meski belum diluncurkan, namun Lenovo sudah memamerkan produk itu ke sejumlah media di Luna Negra Resto, Kamis (30/8/2012). Tak perlu membuang waktu lagi, detikINET pun segera mencicipinya.



Tampang Ultrabook, Bodi ThinkPad

Patut diakui bahwa tampang ThinkPad X1 Carbon memang sangat keren. Warnanya yang hitam pekat sukses mencerminkan kesan elegan, ditambah lagi dengan lapisan serat karbon yang kokoh. Mantap dijinjing.

Saat dibuka, layar 14 inch yang diusungnya langsung menyala terang dan tajam. Wajar rasanya, sebab dimensi yang mungil itu sudah menampilkan resolusi 1600 X 900 pixel. Sudut pandangnya pun terlihat lebar dan tidak gampang pudar saat dilihat dari samping.

Ketika dipakai untuk mengetik, semua tombol keyboardnya nyaman ditekan. Ukurannya besar-besar, sehingga bisa mengurangi salah pencet saat sedang mengetik. Pun begitu juga dengan area trackpad yang dibuat lebih luas 37% dibanding X1 terdahulu, jadi urusan navigasi semakin asyik.



Beberapa penampilan khas ThinkPad juga ada dalam produk ini. Tombol merah yang berada di tengah keyboard, layar yang bisa ditekuk hingga 180 derajat, dan bahan dasar yang kokoh.



Ultrabook dengan Sistem Keamanan Plus-plus

Secara default, Intel memang sudah menyiapkan segudang fitur keamanan di ultrabook, akan tetapi Lenovo melakukan beberapa penyempurnaan dalam ThinkPad X1 Carbon.

Salah satunya adalah login dengan finger print, jadi hanya pengguna dengan sidik jari tertentu saja yang bisa memakai laptop ini. Kemudian data dalam ThinkPad X1 Carbon juga dienkripsi, jadi walaupun hardisk telah berpindah tangan, namun data di dalamnya tetap tidak bisa diakses karena kunci untuk mengdeskripsi berada di chip motherboard.

Itu baru dua fitur yang disebutkan, di balik itu masih banyak lagi sistem keamanan lain yang disematkan dalam laptop premium tersebut.

Dari sekian banyak fitur yang ditawarkan detikINET sempat terkejut kalau ternyata laptop ini sudah built in modem 3G. Slotnya ada di bagian belakang, tepat di antara engsel penyangga layar.



detikINET memang belum sempat menjajal berselancar di internet melalui modem tersebut, namun Aziz Wonosari selaku Technical Manager Lenovo mengklaim di dalamnya sudah terdapat aplikasi yang serba guna.

"Tidak hanya bisa dipakai untuk berinternet, tapi di dalamnya juga ada aplikasi khusus agar bisa melakukantethering," kata Azis.

Kesan pertama menjajal ThinkPad X1 Carbon memang cukup mempesona. Tampilan keran, bahan dasar yang kokoh, serta nyaman dipakai menjadi hal yang sulit ditandingi ultrabook lainnya.

Selain untuk pebisnis Lenovo juga mengaku menyiapkan versi lain ThinkPad X1 Carbon khusus untuk end user. Kemungkinan ada 3 varian yang hanya dibedakan berdasarkan spesifikasi jeroan, ada yang memakai Intel Core i3, Core i5 dan Core i7.




Berminat? Sabar dulu, sebab ThinkPad X1 Carbon baru akan mulai dipasarkan di Indonesia pada pertengahan September 2012 dengan harga mulai dari USD 2.000. Tapi ingat, itu untuk spesifikasi yang paling rendah.



( eno / ash ) 


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Berita (32) Gadget (58) Hardware (15) Info (51) Science (4) Tips and Trick (25)