Kamis, 06 September 2012

Asus X401U, Notebook yang Ramah Kantong


Asus X401U (Foto: Sha/ detikINET)

Jakarta - Selama ini bila ingin mendapatkan komputer jinjing dengan budget Rp 3 jutaan biasanya cuma dapat netbook. Tapi sekarang keinginan untuk mendapatkan notebook dengan harga seperti netbook bisa didapatkan, salah satunya adalah Asus X401U. 

Harapan untuk mendapatkan notebook harga netbook ini bisa terwujud berkat kerjasama Asus dengan AMD.

Ada harga rupa. Demikian ungkapan biasanya sering terdengar. Tapikah apakah hal ini berlaku bagi Asus X401U yang mempunyai kualitas murahan karena dibanderol dengan harga murah? Beruntung detikINETdiberi kesempatan untuk menjajal notebook ini. Berikut ulasannya.

Desain
Kesan pertama ketika Asus X401U ini adalah biasa saja. Tidak ada sentuhan yang wah dan menarik, walaupun tidak jelek-jelek amat. Warna hitam glossy yang dibalut bahan plastik justru membuat notebook ini terlihat mudah kotor, sehingga sering menimbulkan jejak tangan di bodinya.



Notebook ini dibuat minimalis, kendati menyediakan port yang dibutuhkan oleh pengguna, tapi jumlahnya tidak banyak. Satu port USB hanya disediakan satu unit di bagian sisi kiri, sangat disayangkan memang mengingat ruang untuk memutar DVD atau disck lainnya juga dihilangkan, sehingga mengurangi efektivitas bila kebutuhan banyak port USB dalam satu waktu.



Selain port USB, ada pula koneksi internet, card reader, VGA Out dan port HDMI. Semuanya tersebar mengelilingi bagian sisi kanan dan kiri notebook ini.



Keyboard & Layar
Beralih ke fitur untuk mengetik. Keyboard yang disediakan lumayan nyaman dengan space cukup luas. Akan tetapi minusnya adalah, keyboard terasa kasar. Maksudnya, beberapa kali detikINET menjajalnya untuk mengetik, pencetan tiap hurufnya tidak empuk dan mulus. Sehingga terjadi typo dalam mengetik karena tombol hurufnya sering nyangkut atau tidak menekan dengan sempurna.

Touchpad yang tersedia memang lumayan, walaupun tombol touchpad terkadang tidak bereaksi dengan lugas. Alhasil, agak mengganggu pekerjaan bila menggunakan laptop tanpa bantuan mouse.



Soal layar, Asus X401U ini dibekali dengan ukuran 14 Inch HD (1366 x 768). Cukup puas untuk melakukan beberapa pekerjaan dan fungsi multimedia.

Apalagi dengan dukungan grafis Radeon HD 6290 mampu memutar film kelas berat kualitas HD 1080p. Saat dijajal detikINET, sangat memuaskan karena dapat memutar tanpa gangguan.



Performa
Walaupun bukan yang terbaik, prosesor APU dari AMD berkekuatan dual-core C-60 1GHz plus RAM 2GB DDR3 cukup menunjang dalam melakukan berbagai pekerjaan standar. Ini termasuk HDD 320 GB.

Sementara itu, soal posisi booting dan shut down pun cukup cepat. Apalagi Asus mempunyai fitur 'Instant On' yang menyalakan laptop hanya dua detik dari posisi sleep.

Fitur unggulan lainnya adalahIce Cool, yang mampu membuat laptop ini tidak cepat panas sehingga nyaman saat laptop dipangku. Ini karena pembuangan panas terdapat di sisi kiri bagian laptop. Tapi tidak menimbulkan suara yang berisik.

Daya tahan baterainya juga tidak terlalu buruk. Setelah detikINET mengisi batarai dalam keadaan full, lalu dibuat bekerja sekaligus berselancar dengan WiFi, daya tahan baterainya hanya sanggup bertahan sekitar 3 jam. Artinya, selalu siapkan charger laptop ini di dalam tas Anda.

Kesimpulan
Dengan harga yang lumayan terjangkau, performa Asus X410U tidak terlalu mengesankan untuk kelas laptop. Tapi bila Anda membayangkan kemampuan netbook dengan layar besar, maka komputer jinjing ini lebih dari cukup. Walaupun kebutuhan untuk melakukan pekerjaan tidak bisa dilakukan sekaligus karena keterbatasan port.






( tyo / eno ) 
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Berita (32) Gadget (58) Hardware (15) Info (51) Science (4) Tips and Trick (25)