Senin, 10 September 2012

iPhone 5 Dilengkapi Pengaman Sidik Jari?



Jakarta - Apple hampir menuntaskan akuisisi salah satu perusahaan spesialis fingerprint scanning untuk ponsel, AuthenTec. Apakah teknologi pengaman ini juga akan ikut diperkenalkan saat iPhone 5 dirilis nanti?

Akuisisi yang memakan biaya USD 365 juta itu memang baru akan rampung bulan depan, 4 Oktober 2012. Bersamaan dengan mulai dipasarkannya iPhone generasi terbaru yang akan diperkenalkan 12 September ini.

"Akankah kita melihat teknologi sidik jari di iPhone terbaru (atau iPad)? Kelihatannya, ini mendekati kenyataan," tulis Matt Brian, salah satu di sebuah blog teknologi yang dilansir The Guardian dan dikutipdetikINET, Senin (10/9/2012).

"Keinginan Apple untuk cepat-cepat mengembangkan aplikasi itu menghadirkan spekulasi teknologi ini sudah bisa dilihat dalam beberapa minggu ini," tulisnya lebih lanjut.

Jika melihat rentang waktunya, kemungkinan iPhone 5 menggunakan teknologi sidik jari agak kecil. Kemungkinan terbesarnya, teknologi ini baru akan ditawarkan Apple untuk update handset iPhone atau iPad berikutnya.

Dalam dokumen mergernya, AuthenTec setuju untuk ikut mengembangkan sensor sidik jari ponsel untuk Apple. Kontrak pengembangan ini berlaku hingga September 2013 mendatang, tepat di saat iPhone generasi terbaru diluncurkan Apple.

Sensor sidik jari ini berguna untuk otorisasi data sensitif pengguna iPhone/iPad seperti informasi pembayaran dan lainnya. Apple sendiri akan memperkenalkan layanan yang diberi nama Passbook akhir tahun ini sembari merilis update software iOS 6.

Passbook akan menyimpan data-data sensitif terkait penggunaan uang digital seperti kupon belanja online, hingga tiket boarding pass pesawat. Tiket ini bisa langsung di-scan saat hendak check-in pesawat.


( rou / ash )
Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Berita (32) Gadget (58) Hardware (15) Info (51) Science (4) Tips and Trick (25)