Rabu, 08 Agustus 2012

Setting Yahoo! Mail dan Gmail di Microsoft Office Outlook 2007

Semua pasti sudah tahu kalau Yahoo! Mail dan Gmail merupakan penyedia layanan gratis untuk berkirim dan menyimpan surat elektronik (surel) atau email berbasis web. Sehingga untuk mengakses layanan tersebut kita harus membuka dulu website yang bersangkutan via internet. Selain dengan menggunakan browser untuk memanfaatkan layanan email, kita juga bisa memanfaatkan software pengakses email (e-mail client), seperti Eudora Mail, Windows Mail, Mozilla Thunderbird atau Microsoft Office Outlook. Keuntungan yang didapat dari menggunakan program aplikasi ini yaitu proses loading yang cepat dan kita dapat membaca email tanpa perlu terhubung terus-menerus dengan internet. Selain itu, puluhan email dapat diterima atau dikirim secara bersama-sama sekaligus. Dan satu lagi yang menurut saya paling vital yaitu program-program biasanya ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline.
Karena kebetulan saya memiliki account di Yahoo! Mail dan Gmail, dan program yang saya gunakan adalah Microsoft Office Outlook 2007, maka yang mau saya bahas di sini adalah cara untuk men-setting account Yahoo! Mail dan Gmail di Microsoft Office Outlook 2007.

Setting Yahoo! Mail di Microsoft Office Outlook 2007

  • Buka program Microsoft Office Outlook 2007.
  • Buka menu Tools > Account Settings.
  • Setelah terbuka jendela Account Settings, pilih menu New di tab E-mail untuk membuka jendela Add New E-mail Account.
  • Ada 2 pilihan yang ditawarkan di situ, kita pilih pilihan yang pertama yaitu Microsoft Exchange, POP3, IMAP, or HTTP, kemudian tekan Next.
  • Kemudian akan terbuka jendela Auto Account Setup yang menampilkan form untuk mengisi nama, alamat email dan password. Kita tidak perlu mengisi form itu dulu, tapi berilah tanda centang untuk pilihan Manually configure server settings or additional server types, setelah itu tekan Next.
  • Di jendela Choose E-mail Service, pilihlah Internet E-mail dan tekan Next.
  • Di jendela Internet E-mail Settings, akan muncul form untuk mengisi User Information,Server Information dan Logon Information. Di kolom nama, isilah dengan nama anda, dan masukkan juga alamat email anda di form E-mail address. Di kolom Account type, pilihlah POP3, di form Incoming mail server masukkan pop.mail.yahoo.com dan di form Outgoing mail server (SMTP) masukkan smtp.mail.yahoo.com. Sedangkan di form User name dan Password, masukkan username dan password yang anda pakai untuk login ke account Yahoo! Mail.
  • Sebelum anda menekan Next, tekan dulu tombol More Settings … untuk membuka jendela Internet E-mail Settings. Di tab General tidak ada yang perlu diubah. Di tabOutgoing server, silahkan beri centang pilihan “My outgoing server (SMTP) requires authentication” dan biarkan Use same settings as my incoming mail server terpilih. Di tab Connection juga tidak ada yang perlu diubah. Sedangkan di tab Advanced, pastikanserver port number untuk incoming server (POP3) berisi angka 110, dan untuk outgoing server (SMTP) berisi angka 25. Dan untuk pilihan yang lain tidak ada yang perlu diubah.
  • Setting Yahoo! Mail di Microsoft Office Outlook 2007
  • Setelah selesai, klik OK. Kemudian tekan tombol Test Account Settings. Kalau sukses, tekan Next dan Finish.

Setting Gmail di Microsoft Office Outlook 2007

  • Enam langkah pertama sama seperti cara setting Yahoo! Mail.
  • Di jendela Internet E-mail Settings, isilah nama dan alamat email anda. Di kolom Account type, pilihlah POP3, di form Incoming mail server masukkan pop.gmail.comdan di form Outgoing mail server (SMTP) masukkan smtp.gmail.com. Sedangkan di form User name dan Password, masukkan username dan password yang anda pakai untuk login ke account Gmail.
  • Sebelum anda menekan Next, tekan dulu tombol More Settings … untuk membuka jendela Internet E-mail Settings. Di tab General tidak ada yang perlu diubah. Di tabOutgoing server, silahkan beri centang pilihan “My outgoing server (SMTP) requires authentication” dan biarkan Use same settings as my incoming mail server terpilih. Di tab Connection juga tidak ada yang perlu diubah. Sedangkan di tab Advanced, ubahserver port number untuk incoming server (POP3) menjadi 995 dan beri tanda centang pada pilihan “This server requires an encrypted connection (SSL)”. Sedangkan untuk outgoing server (SMTP) ubah nilainya menjadi 465 dan ubah “Use the following type of encrypted connection” menjadi SSL.
  • Setting Gmail di Microsoft Office Outlook 2007
  • Langkah terakhir sama seperti cara setting Yahoo! Mail.
Semoga bermanfaat Cowboy (setidaknya buat diri saya sendiri, siapa tau besok pas perlu nyetting ulang tiba-tiba saya lupa Eek! )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Berita (32) Gadget (58) Hardware (15) Info (51) Science (4) Tips and Trick (25)