Jumat, 02 November 2012

iPad Mini, 'Versi Mungil dari iPad 2'

iPad 2 vs iPad Mini

Jakarta - Ekspektasi berlebihan berbuah hasil yang mengecewakan. Itulah yang ditakutkan saat Apple mengumumkan kehadiran iPad Mini. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, agaknya harga yang dibanderol tak sesuai harapan.


Vice President Marketing Apple Phil Schiller mengatakan, iPad Mini akan dijual dengan harga USD329 atau sekitar Rp3,1 juta untuk versi WiFi dengan internal storage 16GB. Beti alias beda tipis dengan iPad 2 dengan versi sejenis, yang saat ini dihargai USD 399.

Soal spesifikasi, pun tak berbeda jauh dengan iPad 2. Selain beberapa fitur dan ukuran, jeroan yang dipasangkan di iPad Mini sama dengan iPad 2. Maka agaknya tak salah bila ada yang menyebut iPad Mini sebagai transformasi mungil dari iPad Mini.

Untuk mengupasnya, detikINET akan membeberkan spesifikasi apa saja yang berbeda dan sama antara iPad Mini dengan iPad 2, yang dikutip dari laman resmi Apple. Siapa tahu ini menjadi pertimbangan, sebelum membeli tablet Apple.

Satu yang mendasar adalah kinerja prosesor, di mana Keduanya sama-sama menggunakan chipset A5 dual-core. Sementara soal resolusi layar 1024 x 768 pixel dengan LED-backlit Multi-Touch display with IPS technology.

Ukurannya tentu saja berbeda, iPad Mini mempunyai bentang 7,9 inch sedangkan iPad 2 sebesar 9,7 inch. Namun keduanya juga sama-sama tidak dipasangkan dengan teknologi Retina Display.

Soal kamera, harus diakui, iPad Mini lebih baik dari iPad 2. Mulai dari kamera belakang yang sudah 5MP, menang telak dari iPad 2 yang hanya VGA. Soal merekam video juga berbeda, karena iPad Mini mampu meringkus 1080p HD sedangkan iPad 2 sekelas 720p. 

Sementara kemampuan daya tahan baterai, dengan versi yang sama, antara iPad Mini dan iPad 2 juga memiliki ketahanan hingga 10 jam. 

Perbedaan lainnya adalah, dock conector lightning di iPad Mini sedangkan iPad 2 tidak. Sedangkan untuk iPad Mini versi selular sudah menggunakan nano SIM, iPad 2 tidak. Tak dipasangkan pula Siri di iPad 2, di iPad Mini malah sudah.

Jadi, silahkan simpulkan mana yang lebih baik.




( tyo / fyk ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Berita (32) Gadget (58) Hardware (15) Info (51) Science (4) Tips and Trick (25)