Jumat, 05 Oktober 2012

Kisah Sahabatku, Tersiksa Batin Karena Ingin Kurus



Banyak model-model cantik tampil di layar televisi, mereka memiliki tubuh yang menawan. Ditambah lagi, berbagai tekanan bahwa wanita yang cantik dan sehat itu harus memiliki bentuk tubuh tertentu. Boleh saja jika itu bisa menunjang kesehatan, tetapi jika terobsesi dengan bentuk tubuh orang lain dan lupa bersyukur, bisa fatal akibatnya.

Menjadi kurus adalah trend. Banyak wanita berlomba-lomba menurunkan berat badannya. Jika untuk alasan kesehatan dan dengan pengawasan dokter, hal ini baik dilakukan. Tetapi jika cara yang dilakukan menjurus pada obsesi memiliki tubuh kurus dengan cara yang salah, bisa berbahaya. Salah satunya adalah sahabat saya yang bernama Linda. Sebenarnya tubuhnya tidak terlalu gemuk, tetapi dia ingin kurus seperti para model.

"Aku ingin kurus karena banyak yang mengejekku gendut. Aku pasti lebih cantik jika kurus," katanya.
Perlahan tapi pasti, sahabatku berhasil menurunkan berat badannya, banyak pujian datang, tetapi itu tidak cukup. Lama kelamaan, tubuh Linda semakin habis. Aku baru tahu kalau selama ini dia menurunkan berat badan dengan cara yang tidak sehat, yaitu sengaja memuntahkan makanan yang dia konsumsi. Sulit untuk menghentikan kebiasaan ini, karena dia akan merasa tertekan jika tidak mengeluarkan makanan itu dari tubuhnya.

Waktu terus berlalu, tubuh sahabatku semakin ringkih. Tidak ada lagi canda tawa seperti dulu. Tidak ada lagi Linda yang lincah dan ceria. Sahabatku menjadi pribadi yang murung dan hanya mementingkan angka timbangan badan. Tatapannya sering kosong, kadang aku menangis melihat tonjolan tulang yang terlihat dengan jelas. Sebagai sahabat, aku gagal menjaga Linda.

Sampai akhirnya masalah ini diketahui orang tua Linda. Mereka membawa sahabatku berobat baik secara fisik maupun mental. Tentunya Linda menolak terapi penyembuhan ini, karena dia merasa nyaman sekalipun sudah divonis mengalami anoreksia. Hingga saat ini, terapi penyembuhan terus dilakukan. Aku berharap semoga sahabatku bisa kembali ceria seperti dulu.

Setiap wanita memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Mensyukuri dan menjaga bentuk tubuh itu lebih baik daripada memaksa diri meniru bentuk tubuh wanita lain. Jika Anda selalu iri dengan bentuk tubuh orang lain, Anda tidak akan punya waktu untuk berterima kasih kepada Tuhan yang telah memberikan tubuh tersebut.
(vem/yel)

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Berita (32) Gadget (58) Hardware (15) Info (51) Science (4) Tips and Trick (25)